Call us now :085242845769, 0431-833267 shinealiteclinic@gmail.com

Terapi okupasi adalah salah satu  bentuk layanan kesehatan yang sudah dikenal sejak tahun 1920, merupkan ilmu terapan dari kombinasi bidang medis, etiologi fisik, dan sosial ekonomi, serta disfungsi biologis. Terapi ini bertujuan untuk membantu individu yang mengalami gangguan fisik atau mental, yang berfokus pada  aktivitas dan latihan yang meningkatkan kemandirian saat mengerjakan kegiatan sehari-hari. Program terapi biasanya terdiri atas aktivitas-aktivitas yang berfokus pada pengembangan kemampuan motorik yang dirasa kurang maksimal. Terapi okupasional ini bisa dilakukan secara personal, atau dalam satu kelompok kecil.

Dalam terapi okupasi, terapis bertugas untuk mendorong, menjaga, san mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan anak dalam proses bersosialisasi dan beraktivitas selama berada di lingkungan sosial seperti sekolah dan taman bermain. Selain itu, seorang terapis okupasi juga berperan dalam mengedukasi keluarga sang pasien untuk berperan serta aktif memperbaiki keadaan mental dan fisik pasien.

Sebelum memulai proses terapi, terapis akan melihat kemampuan dan kekuatan yang sudah dimiliki oleh anak, yang kemudian dapat membantu terapis menentukan program apa yang cocok dengan kebutuhan anak. Terapis akan membantu anak mengembangkan kemampuan belajar, harga diri, kepercayaan diri, kemandirian, dan kemampuan berinteraksi. Terapis biasanya menggunakan pendekatan holistik, yakni dengan melihat secara keseluruhan, semua kebutuhan anak, tak hanya mental melainkan juga fisik, emosi, sensori, kognisi  dan sosial.

Ada beberapa jenis aktivitas diantaranya; pengembangan keterampilan motorik halus (misalnya, anak di minta untuk mengambil benda kecil menggunakan pinset), pengembangan keterampilan motorik kasal (misalnya, jumping jacks atau berlari lawan rintang), dan pengembangan kemampuan melalukan kegiatan sehari-hari (misalnya memakai pakaian atau merapikan kasur).

Source: https://www.autism.org.uk/advice-and-guidance/professional-practice/occupation-therapy

www.understood.org/en/learning-thinking-differences/treatments-approaches/therapies/occupational-therapy-what-you-need-to-know

https://www.aota.org/Conference-Events/OTMonth/what-is-OT.aspx

Gambar: lifespan.org